Sabtu, 16 Februari 2008
Web Server
Web browser berkomunikasi dengan web server lewat jaringan menggunakan protokol HTTP. Browser mengirim pesan untuk meminta dokumen atau layanan tertentu yang tersediakan web server mengirim dokumen atau menjalankan layanan tertentu yang tersedia di server dan mengirim hasilnya menggunakan protokol HTTP. Browser menerima dan menampilkannya.
Perangkat lunak web server antara lain :
- CERN HTTPd server merupakan web server yang pertama kali dikembangkan. Web server dikembangkan di CERN dan saat ini diberi nama W3C HTTPd,
- NCSA HTTPd server, Apache Web Server, Netscape Communications Server, Netscape Commerce Server EMWAC HTTPS, Purveyor, MacHTTP, OpenMarket Web Server, OpenMarket SecureWeb, Microsoft ISS, dan sebagainya. (Berdasarkan pendapat Bambang Hariyanto, 2004, p 406-407).
Label: komputer
PHP
PHP (singkatan PHP Hypertext Preprocessor) adalah server-side embedded scripting language, yaitu bahasa bekerja di dalam dokumen HTML dengan kemampuan membangkitkan isi sesuai kebutuhan. Kebanyakan sintaks PHP berasal dari C, Java dan Perl dengan tambahan fitur-fitur unik PHP. PHP mempunyai fitur berorintasi objek dan mengabil fitur-fitur Java, C++, PERL dan “C”. Tujuan PHP memudahkan menulis aplikasi web dinamis secara cepat.
Kemampuan PHP yang tidak dapat dilakukan HTML :
- Mempermudahkan penyuntingan halaman web dengan menyunting isi basis data bukan kode HTML.
- Menciptakan halaman web sesuai permintaan pengguna.
- Menampilkan dan memperbaharui basis data yang dimiliki website dan dapat memanupilasi data di situs.
- Memperoleh umpan balik pemakai dan kemungkinan mengirim balik informasi ke pemakai berdasarkan umpan balik itu. (Berdasarkan pendapat Bambang Hariyanto, 2004, p 408-409).
Label: komputer
E-Commerce
Pada dasarnya E-commerce adalah melakukan bisnis online. Dalam bentuknya yang paling jelas, E-commerce menjual produk kepada konsumen secara online, tapi faktanya jenis bisnis apa pun yang dilakukan secara elektronik adalah E-commerce. Sederhananya, E-commerce adalah membuat, mengelola, dan meluaskan hubungan komersial secara online. (Berdasarkan pendapat Kienan, 2001, p 4)
Tipe-tipe dari E-commerce (Berdasarkan pendapat Achyut,2003) :
- Business To Business (B2B)
- Business To Consumer (B2C)
- Consumer To Consumer (C2C)
Business To Business (B2B) merupakan jenis electronic commerce yang berisi transaksi antar dua perusahaan (entity bisnis). Pendekatan bisnis yang menggunakan metode ini lebih cenderung kepada wholesale. (Berdasarkan pendapat Jack Febrian dan Farida Andayani, 2002).
Business To Consumer (B2C) merupakan jenis electronic commerce yang berisi transaksi antar perusahaan dan langsung ke consumer. Consumer adalah pemakai langsung dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan mengingat bisnis ini targetnya adalah consumer, maka kelompok usaha ini dikategorikan pada bisnis retail. (Berdasarkan pendapat Jack Febrian dan Farida Andayani, 2002).
Consumer To Consumer (C2C), Market place yang memungkinkan terjadinya transaksi bisnis antar sesama customer yang bertindak sebagai penjual dan pembeli. Contohnya, aneka situs lelang di internet. (Info Bank, 2002).
Label: komputer
Internet
Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking. Internet merupakan sebuah jaringan computer super network yang terdiri berbagai jenis jaringan komputer di seluruh dunia dengan sistem operasi yang berbeda-beda. Jaringan ini dapat berupa jaringan lokal berskala kecil, jaringan kelas menengah hingga jaringan-jaringan utama (backbone) yang menjadi tulang punggung internet seperti NSFnet, SURAnet, NEARnet dan lain sebagainya.
Internet juga bisa didefinisikan sebagai sebuah jaringan komunikasi antar komputer besar di seluruh dunia yang berhubungan satu sama lain yang menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protokol / Internet Protokol).
Label: komputer
Making Windows XP Start 60% Faster
Code:
Whenever you start your computer, you are faced with a few moments of thumb twiddling while Windows XP boots and prompts you to log on. Although you should expect to wait for a few moments, sometimes Windows XP seems to boot rather slowly. In fact, you may notice that over a period of time the PC that used to roar to life seems a bit sluggish instead. Fortunately, you can perform several techniques that help Windows XP get the bootup speed you want. This chapter explores how to put these techniques to work.
Stopping Unneeded Startup Services
Along with the core operating system and programs that Windows XP runs when it starts, there is also a host of services involved. Many of these services are necessary for Windows XP to operate correctly. However, many of them are for features in Windows XP that you may not use at all. You can peruse the services and disable any service that you do not want to run. The fewer services that run, the more quickly Windows XP will boot.
Caution:
Exercise caution when stopping services. If you do not know what a service does or are unsure of the ramifications of stopping the service, leave it alone. Some services are critical to Windows XP's operations, so make sure you understand what the service is before you disable it.
To reduce the number of services that start on bootup, you can access two different areas of Windows XP. The first is the System Configuration Utility. The Services tab shows you the services that start when the computer boots.
You can stop a service from starting by simply clearing the check box next to the service and clicking OK. However, before you do so, there is another way to disable services that you may prefer because the interface gives you more information about the service in question.
Open Control Panel/Administrative ToolsServices or else select Start/Run, type services.msc, and click OK. Either way, you see the Services console.
I prefer to use the Services console instead of the System Configuration Utility because it describes what the service does. Additionally, you can double-click a service and examine its properties.
Notice the Startup Type column in Figure 4-2. This information lists whether the service is automatic or manual. Manual services are only started in Windows XP when you start a process that requires the service. Some other process may require the service that has a "dependency" relationship with it; in this case, the dependency service will start, as well. Because these services do not start automatically when you boot Windows XP, you do not need to do anything with manual services.
However, all services listed as automatic start when Windows XP boots. These are the services that increase boot time. As I have mentioned, many of them are necessary and important, so you should not stop automatic services from booting unless you are sure of the ramifications. You can get this information by looking at the Description column. Here's a quick look at common services you may want to live without:
- Automatic Updates: This service enables Windows XP to check the Web automatically for updates. If you don't want to use Automatic Updates, you can disable the service. You can always check for updates manually at the Windows Update Web site.
- Computer Browser: If your computer is not on a network, you don't need this service. If you are on a network, leave it alone.
- DHCP Client: If you are not on a network, you do not need this service. If you are on a small workgroup, you can still increase boot time by configuring manual IP addresses (which I explore later in this chapter).
- DNS Client: If you are not on a network, you do not need this service. If you are, leave it alone.
- Error Reporting and Event Log: You don't have to use these services but they can be very helpful, so I would leave them configured as automatic.
- Fax: If you don't use your computer for fax services, you can disable this one.
- Help and Support: If you never use the Windows XP Help and
- IMAPI CD-Burning COM: This service enables you to burn CDs on your computer. If you never burn CDs, you can disable the service.
- Indexing Service: Your computer keeps an index of files but if you rarely search for files, the service is just a resource hog. You can stop it and turn the service to manual.
- Windows Firewall/Internet Connection Sharing: If you do not use these features, you can disable them.
- Infrared Monitor: If you do not use infrared devices, you can disable this service.
- Messenger: This service sends alert messages on a local area network (it is not the same as Windows Messenger). If you are not on a network, you can disable this service.
- Print Spooler: If you do not do any printing from the computer, you can disable this service. If you print, make sure you leave it as automatic.
- Remote Registry: This service allows remote users to modify the Registry on your computer. If you are not on a network, you can disable this service.
- System Restore Service: This service allows you to use System Restore. If you have turned off System Restore anyway, you do not need to turn off the service. If you do, you turn off System Restore.
- Themes: If you do not use themes, you can disable this service.
- Windows Image Acquisition: If you do not use scanners or digital cameras, you can disable this service.
- Wireless Zero Configuration: If do not use wireless networking devices, you can disable this service.
You may have a number of other automatic services, depending on software and other configurations on your computer. So it's a good idea to look through the services and learn more about them. If you double-click a service, a Properties dialog box appears
Notice that on the General tab, you see a Startup Type drop-down menu. If you want to change an automatic service to manual, select Manual here and click OK. As a general rule, don't disable a service unless you are sure you will never use it. However, manual configuration allows the service to be started when you find it necessary, thus speeding up your boot time.
However, before you change a service to manual, look at the Dependencies tab (see Figure 4-4). This tab shows you which other services depend upon the service you are considering changing.
Keep in mind that services are necessary for the vast functionality you get with Windows XP. Change only those services that you understand and do not use. How you use your Windows XP computer should be the best guide in terms of optional startup services.
Tip:
The Indexing service and the System Restore service take up a lot of disk space and system resources across the board. You can live without the Indexing service but I suggest that you keep using System Restore. It works great when you are in a bind and this is one case where the loss of speed may not be worth the ramifications of not using System Restore.
Speed Tips and Tricks for Windows XP Startup
Aside from startup programs, services, and the Prefetch folder, there are a number of other startup procedures and issues you can modify to help Windows XP start faster. The following sections explore those tips and tricks.
Manual IP Addressing on Small Office/Home Networks
Windows XP is configured to help you take care of networking. It uses the TCP/IP protocol for networking in workgroups, or what you might call small office or home networks that do not use a dedicated server.
The problem is that automatic IP addressing can be slow. When your computer boots, it has to query the network to see what IP addresses are already in use and then assign itself one. If you want to speed up the boot time a bit, consider manually assigning IP addresses to all computers on the network. This way, the network computers do not have to worry about locating an automatic IP address. Because one is manually configured, the operating system doesn't have to spend time solving this problem.
This isn't a networking book, however, so I won't delve into the implications of using a manual IP address, but if you are using a computer that functions as a host computer to the Internet (using Internet Connection Sharing [ICS]), you can get into connectivity problems if you change the configuration of the IP address. However, you can still work around this problem by starting with the ICS host computer.
Select Start/Connect To/Show All Connections. Right-click your network adapter card and click Properties. On the General tab, select TCP/IP in the list of services and click the Properties button.
In the TCP/IP properties, you can see if you use an automatic or manual IP address. In the example in Figure 4-5, I have configured a manual IP address of 90.0.0.1 and a default subnet mask. The other computers on my office network each use a different IP address in the same class, such as 90.0.0.2, 90.0.0.3, 90.0.0.4, and so on. This way, each computer has a permanent IP address, which helps increase boot time. Note that if you change the IP addresses of your computers, they must all use the same subnet mask. A default subject mask of 255.255.255.0 will keep you in good shape.
Make sure you understand the implications of changing IP addresses on your network. If you have no networking experience at all, you may be wiser to leave the automatic IP addressing as is and try to gain some speed using the additional suggestions in this chapter.
Disabling Recent Documents History
Windows XP includes a feature that keeps track of all recent documents you have opened or used. The idea is that you can select Start/Recent Documents History and quickly reopen any document you have recently used. I use many documents each day and never use the feature myself. In my opinion, I can keep up with what I want to use without Windows XP doing it for me.
The bad thing about Recent Documents History is that Windows XP has to calculate what should be put there each time you boot Windows, which can slow things down. So, if you never use the Recent Documents History, it's a good idea to disable it. Here's how:
1. Open the Registry Editor (select Start/Run, type regedit, and click OK).
2. Navigate to HKEY_CURRENT_USER\Software\Mcft\Windows\ CurrentVersion\Policies\Explorer.
3. Create a NoRecentDocsHistory D_WORD key. Double-click the value to open it once it is created.
4. Set the Data Value to 1 to enable the restriction.
5. Click OK and close the Registry Editor. You'll need to restart the computer for the change to take effect.
Disabling the Boot Logo
You can remove the boot logo that appears when you start Windows XP. This little tweak probably shaves only a few seconds off your boot time but seconds count if you are serious about trying to get Windows XP up and running as quickly as possible. The only negative is that if you remove the boot logo, you will also not see any boot messages, such as check disk. (But if you are not having problems with your computer, this isn't such a big deal.)
To remove the boot logo, follow these steps:
1. Select Start/Run, type msconfig, and click OK.
2. In the System Configuration Utility, click the BOOT.INI tab.
3. On the BOOT.INI tab, click the NOGUIBOOT check box option. Click OK.
Removing Unwanted Fonts
One trick that increases your boot time a bit is to lose any fonts in the Fonts folder in Control Panel that you never use. The more fonts you have, the more processing Windows XP has to do to prep all of those fonts for use. You must be a bit careful here to not remove fonts that you might want, but there is a good chance that you can live without many of them. For instance, you may have foreign language fonts and other symbol fonts (such as Wingdings) that you never use.
To delete unneeded fonts, follow these steps:
1. Open the Fonts folder in Control Panel.
2. Select Edit/Select All and then Edit/Copy.
3. Create a new folder on your desktop, open it, and select Edit/Paste.
4. In this new folder, delete any of the fonts you do not want.
5. Return to the Fonts folder in Control Panel. Right-click the selected fonts and click Delete
6. Go back to your new desktop folder and click Edit/Select All.
7. Return to your Fonts folder and click Edit/Paste. You now have only the desired fonts in the Fonts folder.
Tip:
You can directly delete fonts from the Fonts folder without creating the secondary folder. However, I recommend the preceding steps to help ensure that you do not make a mistake in the deletion process.
Stopping Remote Assistance and Remote Desktop Sharing
In Windows XP Professional, you have two remote networking features called Remote Assistance and Remote Desktop Sharing. These remote networking features are very helpful in a variety of situations but if you don't use them, it is good idea to disable them to save boot time. You can always enable them later if you want to use them.
Note:
If you are interested in using Remote Desktop or Remote Assistance, see my book Windows XP for Power Users: Power Pack published by John Wiley & Sons.
1. Open the Start menu, right-click My Computer, and choose Properties.
2. Click the Remote Tab.
3. Clear both check boxes to disable Remote Assistance and Remote Desktop.
Speeding Up the Dual-Boot Timeout
If you dual-boot your computer with Windows XP and another operating system, you see an operating system selection menu on startup. If you typically boot into Windows XP and not the other operating system, you can speed up the dual-boot timeout value so that you do not wait so long for the boot process to select your default operating system and continue with the boot process. The default timeout value is 30 seconds but you can change this setting to 10. This gives you enough time to select the alternate operating system if you want but also speeds up the boot process. You can skip this section if you do not use a dual-boot configuration.
Follow these steps:
1. Locate the boot.ini file on your computer. It is a hidden file by default; mine is located in C:\boot.ini.
2. Open the file with Notepad (which is what opens it by default).
3. Change the Timeout value to 10 (see Figure 4-11).
4. Select File/Save and close Notepad.
Speeding Up Your PPPoE Connection
If you use a Point-to-Point Protocol connection over Ethernet (PPPoE), you may notice a delay in using the PPPoE connection after startup. By default, there is a 120 second delay but you can stop this behavior by manually configuring an IP address for the network adapter card. If you do not use a PPPoE connection, you can skip this section.
1. Select Start/Connect to/Show All Connections.
2. Open the TCP/IP properties for your LAN network interface card.
3. Manually set the IP address on the TCP/IP properties to an appropriate IP address and subnet mask for your network.
Reducing the Wait Time
When you start to shut down Windows XP, it has to quit, or "kill," any live applications or processes that are currently running. So close all applications first. However, some applications and processes are always running in the background. You can reduce the amount of time that Windows XP waits for those applications and processes to close before Windows XP kills them. Edit three different Registry settings to change this:
1. Open the Registry Editor.
2. Navigate to HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop. Select WaitToKillAppTimeout and set the value to 1000.
3. Select the HungAppTimeout value and set it to 1000 as well.
4. Navigate to HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop. Set the WaitToKillAppTimeout and set the value to 1000. Select the HungAppTimeout \newline value and set it to 1000 as well.
5. Navigate to HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Contro l. Select the WaitToKillServiceTimeout value and set it to 1000.
6. Close the Registry Editor.
Automatically Killing Tasks on Shutdown
You know the drill. You start to shut down the computer, you wait a few moments, and then you see a dialog box asking if you want to kill an application or service that is running. Instead of prompting you, you can make Windows XP take care of the kill task automatically. Here's how:
1. Open the Registry Editor.
2. Navigate to HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop.
3. Highlight the value AutoEndTasks and change the value to 1.
4. Close the Registry Editor.
Label: komputer
he Network Builder Program (NBP) is SFI's most popular program.
Building your own network of affiliates is a powerful way to create a substantial residual income stream that can continue to put money in your pocket, year after year.
It's easy to sign up affiliates because:
A) Almost everyone would like to earn extra money
B) There's no cost to join SFI
C) SFI has 20-year track record of success
Then, as your affiliates start referring others to NBP, your network can grow faster and faster --creating the opportunity for substantial ever-increasing income on override commissions and bonus income.
http://www.moreinfo247.com/9990927/FREE
EyeEarn is a special version of SFI's Network Builder Program (see above), allowing you to build a lucrative residual income stream by participating in our personal advertising network.
With EyeEarn, you can get paid to drive your car, wear T-shirts, and more! Earn money effortlessly while you go about your day! It's fun, easy, and no experience is neccessary!
Everyone likes to save money. Now you can earn handsome commissions by simply referring customers to hundreds of money-saving offers and coupons at NiceOffers.com (NOC). In other words, just give away free coupons! They save money -- and you earn money! Over 4500 participating merchants in over 120 countries currently, with new offers added daily.
No matter where you live in the world, NOC is available to you. And because you can promote businesses and products right in your own country, city, or town, shipping and currency issues are eliminated!
We've also made NOC available in 10 different languages (English, U.K. English, French, German, Italian, Portuguese, Spanish, Russian, Dutch, and Greek)!join http://www.moreinfo247.com/9990927
Digital music sales are EXPLODING worldwide and are expected to hit nearly $15 billion in sales by 2010 (that's up from just $2.7 billion in 2005). As an SFI affiliate you can profit from this massive music revolution—thanks to SFI division, TuneFlow.com. TuneFlow features thousands of songs from hundreds of artists from around the world.
http://www.moreinfo247.com/9990927/TF
Great Domainia Website Services
The Internet is growing at a phenomenal rate every day, and more people than ever are jumping on board the Web and creating their own Websites. Getting an easy-to-remember domain name is a vital part of getting traffic to these sites. Help your customers get a memorable, personalized domain name--as well as URL Forwarding, E-Mail Fowarding, and other helpful online services--at an affordable price
Label: earn money
bisnis pulsa yang meningkat dan pengembangan marketing penjualan pulsa yang kian menjamur di indonesia uthorized Distributor Pulsa Elektronik All Operator. Produk-produk isi ulang pulsa elektronik semua operator ada disini dengan harga yang kompetitif dan alokasi unit yang efektif. Dengan modal awal yang terjangkau, Anda sudah dapat memulai sebuah bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Semakin meningkatnya jumlah pengguna HP di Indonesia menuntut pemenuhan kebutuhan akan agen penyedia layanan isi ulang pulsa baik secara elektrik ataupun fisik
daftar web yang menyediakan pulsa,elektrik,M-KIOS, M-Tronic, Dompet XL:
kpsmitra
multipulsa
spot pulsa
elektrikpulsa
nsprimatel
grahapulsa
wdpulsa
dpulsa
solutionzell
Label: earn money, info gsm n cdma
sekarang ini perubahan teknologi maju pesat dengan sistem semacam pembayaran online sangat maju oleh karena itu hal- hal yang di anggap perlu harus di perhatikan. tujuan utama bagaimana kita mempertimbangkan baik buruknya dari program tersebut. perhatikan cara nya bekerja untuk mempermudah anda.berikut ini sebagian web yang menyediakan program yang banyak
di ikuti menurut perhatian saya. coba di perhatikan terlebih dahulu sebelum ikut di dalamnya
semoga sukses selalu
ikuti petunjuknya daftar earn money
1 anda harus mempunyai acc di egold or paypa; terlebih dahulu
2 setelah mendapatkan acc egold or paypal baru mengenal ptc/ptr
daftar ptc/ptr yang di ikuti :
clixsense
macam2 lainnya
ada antaranya lewat email
hits4pay
or surfing
trafficsideways
sfi
Label: earn money
daya dorong. Kemampuan seseorang ditetitukan oleh kualifikasi yang dimilikinya,
seperti pendidikan, pengalaman dan sifat-sifat pribadi, sedangkan daya dorong
dipengaruhi oleh sesuatu dalam diii seseorang dan hal-hal diluar dirinya.
Daya dorong yang ada dalana diri seseorang, sering disebut motif. Daya
dorong diluar diri seseorang ditimbulkan oleh pemimpin dan faktor-faktor lain
yang turut mempengaruhinya. Pemimpin harus dapat memilih sarana atau alat yang
sesuai untuk meningkatkan semangat kerja kaiyawan tanpa membawa pengarah
negatif terhadap organisasi atau perusahaan yang dipimpinnya.
Insentif merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan prestasi kerja
karyawan, yaitu dengan cara mengetahui apa yang dibutuhkan mereka dan
berusaha untuk memenuhinya. Sedangkan individu-individu biasanya akan
terdorong untuk berperilaku sedemikian rapa yang mereka rasakan akan mengarah
kepada perolehan ganjaran.
Mengenai insentif Sarwoto memberikan batasan bahwa,
Insentif adalah sarana motivasi dengan memberi bantuan sebagai suatu
perangsang atau dorongan yang diberikan dengan sengaja kepada para
pekerja agar dalam dirinya timbul semangat yang lebih besar untuk
berprestasi bagi organisasi. (Sarwoto, 1995,141-142)
Dari uraian diatas, maka dapat dikatakan bahwa program pemberian
insentif dapat digunakan sebagai sarana untuk memotivasi karyawan dan oleh
karenanya insentif dapat pula didefinisikan sebagai berikut:
Menurut Keith Davis dan Williem Werther adalah:
Incentive system link compensation and performance by paying employees
for their actual result, not for seniority at for hour worked.(Keith Davis &
WilliemWerther,1996,33)
(Bahwa sistem insentif itu menghubungkan kompensasi dan prestasi
karyawan dengan membayar paling sesuai dengan hasil kerja mereka dan
bukan karena kesenioritas atau lamanya mereka bekerja).
Sementara itu Warker mengemukakan:
The purpose company incentive plants to encourage employees to perform
or to produce at extra ordinaiy level.
(Tujuan dari rencana tnsentif perusahaan adalah untuk mendorong
karyawan agar meningkatkan prestasinya atau menghasilkan output pada
tingkat yang melebihi staiidar).
Jadi dapat disimpulkan bahwa insentif adalah sebagai suatu dorongan yang
sengaja diberikan kepada karyawan dengan tujuan untuk membangun, memelihara,
dan memperkuat harapan-harapan karyawan agar dalam diri mereka timbul
semangat yang lebih besar berprestasi bagi organisasi.
Atau dengan kata lain:
1. Mereka merasa insentif yang diberikan dapat memenuhi keinginan dan
kebutuhannya.
2. Upaya atau kemampuan yang akan dilakukan mungkin mengarah pada
perolehan insentif
Pengertian insentif merapakan "suatu bentuk motivasi yang dinyatakan
dalam bentuk uang".dimaksudkan untuk memberikan upah dan gaji yang berbeda,
tetapi bukan didasarkan pada evaluasi jabatan, namun ditentukan oleh prestasi
kerja. Sedangkan menurut Heidjrahman adalah: "Pengupahan insentif
dimaksudkan untuk memberikan upah dan gaji yang berbeda karena prestasi kerja
yang berbeda." (Ranupandojo Heidjrahman, 1995,161)
Dari pengertian mengenai insentif diatas, dapat dikatakan bahwa insentif
merupakan salah satu rangsangari agar dapat mendorong seseorang untuk
berprestasi lebih baik, karena pada dasamya pengupahan insentif tersebut
dibayarkan berdasarkan kelebihan prestasi.
2.1.2. Jenis-jenis Insentif.
Dalam pelaksanaanya, insentif dapat digolongkan menjadi tiga jenis
insentif yang dapat dipakai oleh berbagai macam organisasi menurut Gany Dessler
(1995,411) yaitu terdiri dari:
1. Financial lncentive
Setiap orang cenderung pada finansial insentif, karena uang merupakan alat
utama yang dapat membantu manusia dalatn memenuhi kebutuhan pokok mereka.
Bentuk dari pemberian insentif ini adalah:
a. Bonus
Dalam pemberian bonus sebagai insentif ini setiap orang akan memperolehnya
10
berdasarkan hasil yang dicapai perusahaan tanpa memperhitungkan upah aktual
seseorang.
b. Komisi.
Adalah sejenis bonus yang dibayarkan pihak yang menghasilkan penjualan
yang melebihi standar. Kondisi irii biasanya diberikan kepada pegawai bagian
penjualan/marketing/salesman.
c. Profit Sharing.
Merupakan salah satu jenis insentif yang tertua. Dalam hal pembayarannya
terdiri dari bermacam-macam bentuk, tetapi biasanya mencakup berupa
sebagian dari laba yang disertakan ke dalam suatu dana dan dimasukkan ke
dalam daftar pendapatan setiap peserta.
d. Pembayaran yang ditangguhkan.
Merupakan program balas jasa yang mencakup pembayaran di kemudian hari.
2. Non Finacial Incentive.
Suatu ganjaran bagi pegawai yang bukan berbentuk keuangan, dalam hal
ini merupakan kebutuhan pegawai yang bukan berwujud uang, misalnya:
a. Terjaminnya tempat kerja.
b. Terjaminnya komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan.
c. Adanya penghargaan berapa ujian atau pengakuan atas hasil kerja yang baik.
3. Social Incentive.
Sosial insentif ini tidak jauh berbeda dengan non financial incentive, tetapi
11
sosial insentif lebih cenderung pada keadaan dan sikap dari para rekan-rekan
sekerjanya.
Setelah melihat uraian diatas mengenai jenis-jenis insentif, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa ketiga jenis insentif sama pentingnya, yaitu pada dasarnya
untuk mencapai kepuasan kerja bagi para pegawainya, karena dengan kepuasan
kerja, mereka akan melaksanakan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh.
Sedangkan menurut Sarwoto insentif dibedakan menjadi dua golongan, kedua jenis
insentif tersebut adalah:
1. Insentif Material
Insentif Material antara lain:
• Uang dan Barang
Insentif yang berbentuk uang dan barang dapat diberikan dalam berbagai
macam, antara lain:
(1) Bonus
(a) Uang yang dibayarkan sebagai balas jasa atas hasil pekerjaan yang
telah dilaksanakan.
(b) Dalam perasahaan yang menggunakan system insentif lazimnya
beberapa persen dari laba yang melebihi jumlah tertentu dimasukkan
ke dalam sebuah dana dan kemudian jumlah tersebut dibagi-bagi
antara pihak yang akan diberikan bonus.
(2) Komisi
Merupakan sejenis bomis yang dibayarkan kepada pihak bagian penjualan
yang menghasilkan penjualan yang baik.
12
(3) Profit Sharing
Salah Satu jenis insentif yang tertua. Dalam hal pembayarannya dapat
diikuti bersama-sama pola, tetapi biasanya mencakup pembayaran berupa
sebagai dan hasil laba yaiig disetorkan ke dalam setiap peserta.
• Jaminan sosial.
Insentif yang diberikan dalam bentuk jaminan sosial lazimnya diberikan secara
kolektif, tidak ada unsur kompetitif dan setiap pegawai dapat memperolehnya
secara rata-rata dan otomatis.
Bentuk jaminan sosial:
(1) Pemberian rumah dinas.
(2) Pengobatan secara Cuma-Cuma.
(3) Kemungkinan untuk pembayaran secara angsuran oleh pekerja atas barangbarang
yang dibelinya dari Koperasi organisasi.
(4) Cuti sakit.
(5) Biaya pindah.
2. InsentifNonMaterial.
Insentif non material dapat diberikan dalam berbagai bentuk:
(a) Pemberian gelar (ntle) secara resmi,
(b) Pemberiantandajasa,
(c) Pemberian piagam penghargaan,
(d) Pemberian kenaikan pangkal atau jabatan.
13
Kedua bentuk insentif tersebut sama pentingnya dan lazimnya kedua insentif
tersebut digunakan untuk saling melengkapi, tergantung kondisi dan kebutuhan
pihak yang perlu dimotivasi, maka pelaksanaannya dapat dilakukan pada salah satu
bentuk yang sesuai.
2.1.3. Tujuan Dari Pemberian Inseintif.
Tujuan Pemberian insentif menunit Hani Handoko adalah:
"Tujuan pemberian insentif hakekatnya adalah untuk meningkatkan
motivasi karyawan dalam berupaya mencapai tujuan-tujuan organisasi
dengan menawarkan perangsang finansial dan melebihi upah dan gaji
dasar. (Hani Handoko,1996,176)
Werther dan Davis (1996:301) menjelaskan bahwa tujuan pemberian insentif
adalah untuk memenubi kepentingan dari berbagai pihak:
1. Purpose for society.
At present, incentive gave financial guarantee when employee is sick and not
able because old. Incentive is a contribute which not little for every employee
m socialization.
2. Purpose for organization.
Organization have many purpose when they offered incentive, other things :
a. Reduce overtime work cost.
b. Reduce absent employee and retire.
c. Benefit for Procurement Labor.
d. Satified employees Labor.
14
3. Employee purpose
Employee often looking for company which prepare incentive because
decrease their insurance cost.
Tujuan pemberian insentif adalah untuk memenuhi kepentingan dari berbagai
pihak antara lain:
1. Tujuan bagi masyarakat.
Dewasa ini, insentif memberikan jaminan keuangan pada waktu sakit dan tidak
mampu karena tua. Jadi insentif merupakan suatu andil yang tidak kecil bagi
setiap karyawan dalam kehidupan bermasyarakat.
2. Tujuan bagi organisasi.
Organisasi mempunyai berbagai tujuan ketika menawarkan insentif, antara
lain:
a. Mengurangi biaya lembur.
b. Mengurangi jumlah karyawan yang absent dan berhenti.
c. Menguntungkan dalam pengadaan tenaga kerja.
d. Memuaskan tujuan karyawan.
3. Tujuan Karyawan
Karyawan biasanya mencari perusahaan yang menyediakan insentif karena
mengurangi biaya asuransi mereka.
2.1.4. Pedoman Pemberian Insentif
Pemberian insentif pada karyawan bagian produksi pada PT. Adidi Citra
Estetika. adalah untuk menambah penghasilan karyawan dalam memenuhi
15
kebutuhan mereka dan dengan terpenuhinya kebutuhan mereka maka para
kaiyawan dapat bekerja lebih baik dan produktif.
Menurut Garry Dessler yang diterjemahkan oleh Drs. Benyamin Molan,
terdapat 6 (enam) pedoman pertimbangan khusus dalam mengembangkan suatu
rencana insentif yang efektif, yaitu;
a. Pastikanlah bahwa usaha dan imbalan saling berkaitan secara langsung.
Rencana insentif hendaknya memberikan imbalan pada karyawan dalam
proporsi yang langsung terhadap peningkatan produkstivitas, namun karyawan
harus pula memahami tugas-tugas yang dituntutkan kepada mereka.
b. Rencana pemberian insentif yang harus dipahami dan mudah dikalkulasi oleh
karyawan, karyawan hendaknya itnampu mengkalkulasi dengan mudah imbalan
yang akan diterima untuk berbagai tingkat usaha.
c. Susunan standar yang efektif.
Standar yang ditetapkan hendaknya dinilai adil dan wajar oleh karyawan.
Standar sebaiknya ditetapkaii tinggi, naimin cukup nalar untuk dicapai oleh
karyawan dengan peluang sebesar 50-50.
d. Standar yang ada haras terjamin.
Standar yang mendasari pemberian insentif hendaknya ditetapkan tidak
sepihak, sebaliknya karyawan perlu mengetahui standar output yang ditetapkan
perusahaan.
e. Tarif pokok perjam harus dijamin.
Tarif pokok karyawan sebaiknya dijamin, agar mereka akan tahu bahwa apa
16
pun yang terjadi mereka dapat sekurang-kurangnya memperoleh suatu upah
pokok minimum yang dijamin
f. Dapatkan dukungan untuk rencana insentif tersebut.
Keterbatasan kelompok kerja dapat merusak suatu rencana insentif. Oleh sebab
itu, dukungan kelompok kerja sangatlah penting sebelum rencana tersebut
mulai dilaksanakan.
2.2.1. PRODUKTIVITAS KERJA
Secara umum, pengertian produktivitas menyangkut hubungan antara
keluaran (output) dengan masukan (input) yang digunakan untuk menghasilkan
output tersebut. Selain itu produktivitas juga sering diartikan orang sebagai
kemampuan seseorang atau sekelompok orang untuk menghasilkan barang atau
jasa, yang ditujukan untuk menjadikan hari esok lebih baik dibandingkan hari ini.
Sumber daya manusia memegang peranan utama dalam proses peningkatan
produktivitas karena peralatan produksi, teknologi serta sistem manajemen pada
hakekatnya merupakan hasil karya manusia. Sejak awal perkembangan sampai
sekarang, banyak ahli yang mengemukakan definisi yang berbeda-beda tentang
namun pada dasarnya mempunyai prinsip yang sama.
Prabu Mangkunegara :"Secara umum produktivitas diartikan sebagai hubungan
antara hasil nyata maupun fisik (barang-barang atau jasa) dengan masukkan yang
sebenarnya".(Prabu Mangukunegara ,2000,18)
Berdasarkan pendapat diatas, dapat diambil kesimpulan pada dasamya
pengertian produktivitas mempunyai tujuan yang sama yaitu suatu tindakan yang
17
efisien dalam memproduksi sesuatu, baik barang maupun jasa, dengan cara
memanfaatkan serta meningkatkan sumber daya yang ada.
Bambang Kusriyanto, mengemukakan bahwa produktivitas karyawan:
"Perbandingan antara hasil yang dicapai dengan peran serta tenaga kerja per satuan
waktu (lazimnya per jam per orang)" (Bambang Kusriyanto, 1995,2)
J. Ravianto mengemukakan: "Produktivitas Karyawan mengandung pengertian
perbandingan antara hasil yang dicapai dengan keseluruhan sumber daya yang
digunakan".(J.Ravianto,1990,3)
Dari definisi diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa produktivitas
karyawan adalah ukuran keberhasilan tenaga kerja dalam menghasilkan suatu
produk pada waktu tertentu.
2.2.2. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS
KARYAWAN.
Produktivitas karyawan banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang
berhubungan dengan karyawan itu sendiri, maupun faktor-faktor lainnya.
Sehubungan dengan itu, Payman Simanjuntak mengemukakan faktor-faktor yang
mempengaruhi produktivitas kerja karyawan pada suatu perusahaan meliputi:
1. Kualitas dan kemampuan.
2. Sarana pendukung.
3. Supra sarana.
Sedangkan menurut Ravianto faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas
antara lain:
1. Pendidikan.
18
2. Ketrampilan.
3. Disiplin.
4. Sikap dan etika kerja.
5. Motivasi.
6. Gizi dan kesehatan.
7. Tingkat penghasilan.
8. Jaminan Sosial.
9. Lingkungan dan iklim kerja.
10. Hubungan industrial Pancasila.
11. Teknologi.
12. Sarana produksi.
13. Manajemen.
14. Kesempatan kerja dan berprestasi.
Dari uraian diatas, dapat dikatakan bahwa faktor-faktor yang
mempengaruhi produktivitas penting sekali untuk diperhatikan karena merapakan
peningkatan kualitas manusia, inanusia disini adalah karyawan. Meningkatkan
produktivitas karyawan merapakan sasaran strategis, karena peningkatan
produktivitas dari faktor-faktor lainnya sangat tergantung pada kemampuan tenaga
manusia yang memanfaatkannya.
2.2.3. HUBUNGAN INSENTIF DENGAN PRODUKTIVITAS
KARYAWAN
Sebagaimana yang telali kita ketahui, bahwa peranan manusia didalam
organisasi merupakan sesuatu yang perlu mendapat perhatian, mengingat tnanusia
19
merupakan salah satu faktor produksi yang sangat vital sebagai penggerakan
diantara berbagai faktor-faktor produksi lainnya didalam mencapai tujuan
organisasi. Seperti telah diuraikan sebelumnya, insentif merupakan salah satu
sarana sebagai pendorong kaiyawan agar lebih giat dan bersemangat dalam
menjalankan pekerjaannya, sehingga dapat tercapai produktivitas kerja karyawan
yang lebih tinggi secara lebih efektif dan lebih efisien.
Sumber daya manusia memegang peranan penting dalam meningkatkan
produktivitas perusahaan secara keseluruhan. Didalam perkembangan dunia usaha,
telah banyak teknik-teknik atau langkah-Iangkah yang dicoba untuk memanfaatkan
sumber daya perusahaan guna mencapai tingkat produktivitas kaiyawan yang
tinggi secara lebih efektif. Berbagai metode dan cara telah dikembangkan, dan
salah satu diantaranya adalah dengan pemberian insentif yang dianggap sebagai
factor strategis yang cukup tinggi.
Heidjrachman Mengemukakan : "Insentif merupakan daya tarik yang
menyebabkan seseorang melakiikan sesuatu karena bisa mendapatkan imbalan
yang memuaskan kebutuhan".(Heidjrachman,1995,212)
Hubungan yang paling jelas antara kompensasi dan prestasi kerja adalah melalui
sistem insentif seperti yang dikemukakan Hani Handoko :
"Istilah sistem insentif pada umumnya digunakan untuk menggambarkan
rencana-rencana pembayaran upah yang dikaitkan secara langsung atau tidak
langsung dengan berbagai standar produktivitas Karyawan atau profitabilitas
organisasi atau kedua kriteria tersebut. Oleh karena itu, para karyawan yang
20
bekerja dibawah sistem insentif finansial berarti prestasi kerja mereka menentukan,
secara keseluruhan atau sebagian penghasilan mereka".(Hani Handoko, 1996,176)
Dalam memberikan insentif, perasahaan harus mengetahui kebutuhan
karyawan masing-masing. Dengan adanya kebutuhan, seseorang akan termotivasi
melakukan pekerjaan dan berarti dapat membantu dalam upaya memenuhi
kebutuhannya. Apabila kaiyawan merasa kebutuhannya dapat terpenuhi dengan
melakukan suatu pekerjaan, maka ia akan termotivasi untuk bekerja dengan lebih
baik dan secara otomatis berarti produktivitasnya meningkat. Pada hakekatnya
insentif dapat mendorong karyawan bekerja lebih baik dengan memanfaatkan
unsure-unsur kerja yang lebih optimal, karena terdorong keinginan untuk
memperoleh insentif yang lebih baik dan tinggi. Hal ini dapat dicapai bila
karyawan memenuhi bahkan melarapaui target yang ditetapkan perusahaan.
2.2.4. Kerangka Teoritis
Keterangan : Dalam usaha meningkatkan kinerja karyawan perusahaan
memberikan Insentif yang memadai sebagai suatu dorongan bagi karyawan dalam
bekerja yang dapat mengakibatkan produksi meningkat dan produktivitas
karyawan meningkat.
Label: earn money