Sabtu, 16 Februari 2008

E-Commerce

E-Commerce

Pada dasarnya E-commerce adalah melakukan bisnis online. Dalam bentuknya yang paling jelas, E-commerce menjual produk kepada konsumen secara online, tapi faktanya jenis bisnis apa pun yang dilakukan secara elektronik adalah E-commerce. Sederhananya, E-commerce adalah membuat, mengelola, dan meluaskan hubungan komersial secara online. (Berdasarkan pendapat Kienan, 2001, p 4)

Tipe-tipe dari E-commerce (Berdasarkan pendapat Achyut,2003) :

  1. Business To Business (B2B)
  2. Business To Consumer (B2C)
  3. Consumer To Consumer (C2C)

Business To Business (B2B) merupakan jenis electronic commerce yang berisi transaksi antar dua perusahaan (entity bisnis). Pendekatan bisnis yang menggunakan metode ini lebih cenderung kepada wholesale. (Berdasarkan pendapat Jack Febrian dan Farida Andayani, 2002).

Business To Consumer (B2C) merupakan jenis electronic commerce yang berisi transaksi antar perusahaan dan langsung ke consumer. Consumer adalah pemakai langsung dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan mengingat bisnis ini targetnya adalah consumer, maka kelompok usaha ini dikategorikan pada bisnis retail. (Berdasarkan pendapat Jack Febrian dan Farida Andayani, 2002).

Consumer To Consumer (C2C), Market place yang memungkinkan terjadinya transaksi bisnis antar sesama customer yang bertindak sebagai penjual dan pembeli. Contohnya, aneka situs lelang di internet. (Info Bank, 2002).

0 komentar:

 

blogger templates | Make Money Online